Translate

Kamis, 18 Februari 2016

EM4 Pelatihan Agribisnis Peternakan Kambing & Domba - NaufalUnix.Com

PT. Songgolangit Persada (SLP) cabang Jawa Tengah aktif berpastisipasi dan mendukung kegiatan pertanian dan peternakan. Salah satunya mensponsori kegiatan “Pelatihan Agribisnis Peternakan Kambing – Domba” di   Mitra Sejahtera Farm yang lokasinya berada di Jl. Rajawali Rt.03, Rw 09 Slawi Kulon, Tegal, Jawa Tengah.
Ananto perwakilan dari SLP cabang Jawa Tengah mengatakan, EM4 mensuport pelatihan ini guna membantu masyarakat yang ingin belajar usaha ternak ternak kambing. Menurutnya, pelatihan ini dapat memberi nilai lebih bagi yang baru memulai beternak ataupun yang sudah lama beternak yang ingin meningkatkan hasil ternak. Pelatihan Mitra Sejahtera Farm tempat belajar yang tepat bagi yang ingin jadi pengusaha peternakan
“Selain bisa saling shere pengalaman dalam beternak kambing, Di farm ini peternak juga diajarkan bagaimana manajemen usaha ternak kambing. Selain itu juga diajarkan cara pemeliharaan yang baik hingga pemasaran ternak.,” jelasnya.  “Sementara Teknologi EM4 mengatasi masalah yang sering dihadapi oleh peternak kambing, mulai ketersedian pakan berkualitas, kesehatan, sanitasi kandang hingga pengolahan kotoran hewan  yang dapat menghasilkan rupiah, ‘ tambah Ananto.
Mitra Sejahtera Farm adalah Peternakan kambing milik Abdul Basir Negara, berbagai jenis kambing diternakan dipeternakan ini. Basir sang pemilik berhasil menjadi pengusaha kambing karena berhasil mengatasi masalah yang kerap dihadapi oleh peternak kambing, seperti bau kandang, ketersediaan pakan sehat, kesehatan ternak, hingga pengolahan kotoran hewan. Melalui keberhasilan tersebut, usahanya berkembang pesat  iapun manjadi salah satu peternak sukses di kota Tegal.
Karena kesuksesan tersebut, Mitra Sejahtera Farm ditunjuk oleh pemerintahan setempat sebagai pusat percontohan perternakan kambing.  Tempat inipun kerap dikunjungi oleh Peserta pelatihan peternakan yang diadakan oleh berbagai instansi baik dari dinas peternakan Jawa Tengah atau instasi swasta  maupun sekolah pertanian
Dalam sebulan ada 4 sampai 6 kunjungan, mereka datang ingin menimba ilmu mulai belajar manajemen peternakan, pembuatan pakan, reproduksi, kesehatan ternak, pasar dan pemasaran, praktek pembuatan silase, pengolahan pakan dan pemanfaatan feses menjadi pupuk organik Bokashi.
Selain menspori kegiatan tersebut, SLP juga mengirim perwakilan setiap ada kunjungan peserta pelatihan. Perwakilan ini berperan dalam menjelaskan Produk EM4 dan aplikasinya pada Ternak Mulai praktek membuat pakan konsentrat berkualitas, penerapan EM4 pada sanitasi kandang dan pengolahan kotoran hewan.  Materi pelatihan mengenai usaha kambing diberikan oleh Abdul Basir selaku owner Mitra Sejahtera Farm dibantu Tim kecilnya,  sementara EM4 dan penerapannya diterangkan oleh Ananto  dari PT. Songgolangit  Persada, Cabang Jateng.
Mitra Sejahtera Farm sudah digunakan sebagai tempat pelatihan sejak tahun 2009 hingga sekarang, sudah banyak pengusaha dan peternak kambing sukses  setelah mengunjungi Mitra Sejahtera peternakan inipun telah direkomendasikan oleh Dinas Peternakan Jawa Tengah ke berbagai wilayah cakupannya.
Pria berjanggut ini sudah mengenal EM4 sejak 10 tahun silam. Pria diakrabi  “Dokter Kambing“ ini pada awal beternak kerap membeli kambing sakit untuk dirawat kemudian dipelihara. Selama perawatan, hewan yang ia peliharan diberi menu wajib konsentrat hasil olahan EM4.  kambing sakit tersebut, 100% berhasil ia sembuhkan.  Karena manfaat tersebut, EM4 kerap ia anjurkan kepada para peternak. EM4 mempunyai peran penting dalam peternakan, melalui aplikasi Em4 dapat dihasilkan pakan berkualitas yang menyehatkan ternak, tidak hanya itu EM4 juga dapat menjaga kebersihan kandang dan sekitarnya, limbah ternak dapat diolah jadi Bokashi melalui EM4 sehingga mempunyai nilai jual,”EM4 sangat penting dan  mempunyai peranan sangat besar pada peternakan,”ungkap Basir.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

artikel Populer